Tetap Produktif dengan Satu Ginjal

Pada umumnya manusia mempunyai dua ginjal. Namun, ada juga manusia yang harus hidup dengan satu ginjal. Penyebabnya bisa karena ia dilahirkan hanya dengan satu ginjal. Bisa pula lantaran ia kehilangan satu ginjalnya akibat penyakit, kecelakaan, atau didonorkan kepada orang lain.

“Kalau bisa memilih, lebih enak hidup dengan dua ginjal. Tetapi kadang dalam hidup ini terjadi hal yang tidak terduga dan kita harus menerima kenyataan kehilangan satu ginjal,” kata dr Djoko Santoso SpPD K-GH PhD dalam talkshow Hidup Produktif dengan Ginjal Sehat di radio JJFM, Kamis (11/10).

Ia mengingatkan agar setiap orang harus selalu memperhatikan kondisi ginjalnya. Jangan sembarangan minum obat kecuali atas petunjuk dokter. Berolah raga teratur, menjaga berat badan ideal, dan minum dua liter air putih setiap hari wajib dilakukan. Untuk pengidap diabetes dan darah tinggi, mereka harus mengendalikan kadar gula dan tekanan darah.

“Intinya, hidup dengan satu atau dua ginjal tak ada bedanya. Seseorang yang hidup dengan satu ginjal tidak memerlukan perlakuan khusus. Apa yang dianjurkan dan dilarang untuk manusia dengan dua ginjal berlaku pula untuk seseorang yang hidup dengan satu ginjal,” tegas dr Djoko.            

Dijelaskan, meskipun air merupakan bahan baku bagi metabolisme tubuh, terlalu banyak air justru berakibat buruk bagi tubuh. Kelebihan air dalam tubuh akan menyebabkan intoksifikasi air yang berdampak negatif terhadap organ-organ tubuh. Ginjal kelebihan beban sehingga menyebabkan kelelahan dan perubahan daya larut. Akibat lain, sel otak terpengaruh dan berujung pada sulit berkonsentrasi dan mudah pusing. Paru-paru juga bisa tergenang air sehingga menimbulkan sesak napas.

Rangkaian talkshow Hidup Produktif dengan Ginjal Sehat bersama ahli ginjal dr Djoko Santoso SpPD K-GH PhD dapat Anda ikuti setiap Kamis pukul 18.00-19.00 di radio JJFM. Selama talkshow berlangsung, Anda bisa berinteraksi melalui nomor telepon 031-5483320  atau  SMS di 0815 555 0123. (lee)

One Response

  1. Dengan satu ginjal? kenapa mesti takut?
    Yang 2 ginjal saja masih banyak yang belum sadar arti pentingnya ginjal koq.

    Mungkin perlu ditambahkan juga nih dok… air jenis apa yang bagus untuk dikonsumsi oleh penderita ginjal.
    Air matang saja masih belum cukup kan? ;)

    Dari pengalaman ibu saya dahulu, ternyata air minum juga dapat menyebabkan gagal ginjal, karena masalah kualitas airnya yang mengandung kadar logam yang cukup tinggi.
    Dan air mineral sekalipun masih belum cukup.

    Sebagai donor ginjal puluhan tahun yang lalu, saat ini mengkonsumsi air yang mengandung polutannya sedikit.
    Jadi biar kerja ginjal tidak begitu berat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: