Gantunglah Mimpi Anda Di Tempat yang Mudah Dilihat

Setiap orang pasti memiliki harapan dan keinginan dalam perjalanan hidupnya. Hanya saja, besar kecilnya harapan dan keinginan itu tergantung dari individu itu sendiri. Joseph Landri, penulis buku motivasi memberikan tips untuk mewujudkan harapan dan keinginan. “Catat mimpi Anda beserta tanggal berapa Anda memimpikannya. Lalu, gantung di tempat yang mudah dilihat. Setelah itu, mulailah melangkah untuk mewujudkan mimpi Anda,” saran Joseph saat menjadi narasumber talkshow Joseph Landri di radio JJFM, Selasa (28/8). 

Nah, langkah apa saja yang harus dilakukan untuk mewujudkan mimpi tersebut?

Langkah pertama, tentukan dulu tujuan apa yang akan dicapai dalam jangka waktu tertentu. Mempunyai mimpi itu wajar saja asalkan tujuannya harus jelas,” kata Joseph. Dia lantas mencontohkan jika ada yang bermimpi memiliki lembaga pendidikan bahasa Inggris. Tujuannya adalah agar orang tersebut menguasai bahasa Inggris dalam waktu 3 tahun. “Jadi langkah pertama yang harus diambil adalah belajar bahasa Inggris di ABA,” jelas Joseph. 

Dibutuhkan motivasi yang kuat untuk mencapai tujuan tersebut. Meski motivasi dapat ditumbuhkan dalam lingkungan atau orang lain, tapi yang paling menentukan adalah motivasi dari diri sendiri.  

Menurut penulis buku ‘Tulang Miskin’ ini, meski karakter setiap manusia berbeda, namun orang yang berasal dari lingkungan yang sama biasanya karakternya tidak jauh berbeda. Itu sebabnya, banyak orangtua yang berusaha keras agar anaknya masuk ke sekolah favorit agar bisa belajar disiplin. “Di Thailand, banyak orangtua yang ingin anaknya masuk lingkungan istana agar dapat bergaul dengan anak-anak raja,” kisah Joseph. 

Pemanfaatan waktu dengan baik juga berperan besar dalam keberhasilan seseorang. “Tapi jangan lupa, selalu ada harga yang harus dibayar untuk mencapai keberhasilan, dan ini tidak mudah. Misalnya, kalau ingin sukses di sekolah, maka tidak boleh pacaran dulu karena dapat mengganggu belajar. Jadi, harus ada yang dikorbankan untuk mencapai keberhasilan,” tegasnya. 

Hal penting lain yang harus diperhatikan adalah melakukan hal-hal kecil yang berguna dan tidak pernah putus asa menghadapi kegagalan. Berikan yang terbaik untuk mendapatkan hasil yang terbaik, dan jangan sekali-kali mengukur kemampuan kita dengan orang lain. Joseph menjelaskan, “Banyak orang mengatakan bahwa kalau orang lain bisa, kenapa saya tidak bisa. Anggapan ini kurang cocok, karena kemampuan setiap orang berbeda. Jadi, realistislah dalam mengukur kemampuan diri sendiri.” 

Langkah selanjutnya adalah selalu bepikiran positif agar dapat bekerja dengan penuh semangat. Dengan berpikir positif maka dapat membantu kita menyelesaikan suatu masalah. Misalnya, ketika kita tidak lulus, berarti yang seharusnya diperbaiki adalah cara belajar kita, bukannya cara mengajar dosen yang dianggap kurang bagus. 

“Untuk Anda yang sudah bekerja, berusahalah mendapat kepercayaan dari atasan dengan cara selalu memberi lebih. Misal, jangan keberatan untuk lembur kalau memang dibutuhkan dan tingkatkan kemampuan diri sesuai perkembangan zaman. Jangan menutup diri, selalu siap mempelajari hal-hal baru untuk memperbaiki diri sendiri, sebab itu lebih terpuji daripada selalu mengkritik orang lain. Jagalah konsistensi kerja dengan selalu antusias mengawali kerja, termasuk hari Senin,” sarannya. 

Di akhir perbincangan, Joseph menyarankan agar kita selalu bersyukur pada Tuhan dan selalu ingat bahwa masih banyak orang yang lebih menderita daripada kita. Ini akan membuat kita lebih bahagia dan fokus pada apa yang kita lakukan agar kita bisa melompat lebih jauh. (lee)         

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: