Bosan Gaji Standar, Terjuni UKM

Minimnya kesempatan kerja dan tingginya biaya hidup membuat banyak orang memilih untuk membuka usaha sendiri daripada menjadi karyawan sebuah perusahaan. Inilah yang dirasakan sebagian besar dari 150 peserta Talkshow Interaktif Regional Economics Live bertema ‘Susah Dapat Modal Usaha, Nggak Juga’ di Hotel Santika Surabaya, Sabtu (1/9). 

“Selama bertahun-tahun saya bekerja di perusahaan, tapi gajinya selalu standar. Itu sebabnya, sejak 2 bulan lalu saya putuskan keluar dan coba usaha sendiri,” kata Tatag Wanto Prayitno, salah seorang peserta talkshow interaktif kepada reporter JJFM.

Bidang usaha yang ditekuni juga tidak jauh dari pengalaman kerja dan kemampuannya, yaitu di bidang advertising. Menurutnya, dengan usaha sendiri, maka peluang untuk mendapatkan penghasilan yang tidak terbatas akan terbuka lebar. Seperti halnya pelaku usaha yang lain, kendala awal yang dihadapi yaitu bagaimana mendapatkan modal usaha. “Sejauh ini, modal sepenuhnya berasal dari simpanan pribadi dan patungan dengan dua teman kantor yang dulu,” tambahnya. Itu sebabnya, Tatag berharap, melalui talkshow interaktif tersebut, dia dapat menambah relasi dan informasi mendapatkan modal tambahan untuk  mengembangkan usahanya. 

Diakui bahwa memiliki pengalaman dan pendidikan yang menunjang, ternyata tidak akan berarti tanpa dukungan modal yang kuat. Sayangnya, kesempatan Tatag untuk mendapatkan modal tambahan harus ditunda, sebab salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh pelaku UKM adalah bahwa usaha yang ditekuni harus sudah berjalan minimal 1 tahun. Padahal, usahanya baru berjalan 2 bulan. “Mau bagaimana lagi. Ya harus sabar menunggu,” imbuhnya. (lee)  

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: