Peserta Pameran Kerajinan akan Dibatasi

Ke depan, Pameran Kerajinan Indonesia Inacraft di Jakarta akan membatasi jumlah peserta. Pembatasan ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas peserta pameran. “Jumlah peserta akan kami kurangi menjadi 1.000 stand agar nantinya Inacraft menjadi kegiatan yang ditunggu-tunggu,” tegas Retno Sulistiowati, Wakil Ketua ASEPHI (Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia) kepada reporter JJFM, Jumat (14/9). 

Sehubungan dengan adanya pengurangan jumlah peserta, maka pihaknya akan memperketat seleksi peserta. Hanya peserta yang memiliki produk dengan kualitas terbaik yang berhak ikut dalam Pameran. “Sedangkan produk luar negeri yang boleh ikut adalah yang masuk dalam kategori internasional,” paparnya. 

Diakui Retno, bahwa selama ini pengawasan yang dilakukan tidak terlalu ketat. Buktinya, pada 2006, pihaknya mendapatkan peserta yang menjual produk dari Cina dan Taiwan yang lolos seleksi pada kategori nasional. Itu sebabnya, Retno berharap dapat mengubah karakteristik para pengrajin yang cenderung menjadi pedagang. Dengan jiwa pedagang berarti mereka tidak memproduksi sendiri. Itu yang kami hindari. Sebaiknya mereka harus dapat memproduksi sendiri agar dapat bersaing dengan produk asal Cina dan Taiwan.

 “Memang, Inacraft belum berbuat banyak karena keterbatasan dana. Tapi kami terus berusaha melakukan perbaikan-perbaikan agar pameran tahun depan bisa memberi keuntungan pada para perajin,”jelasnya menutup pembicaraan.(lee)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: