Pesaing Bertambah, Pedagang Penukaran Uang Pusing

 Tradisi membagikan uang kepada anak-anak saat Lebaran ternyata menjadi berkah bagi puluhan pedagang penukaran uang ‘dadakan’. Seperti diakui salah seorang pedagang penukaran uang yang beroperasi di sekitar Jl. Pahlawan, Surabaya. Menurutnya, dalam sehari omzet penjualannya bisa mencapai Rp 10 juta, terutama ketika mendekati Idul Fitri. 

“Lumayan lah. Sehari bisa sampai Rp 10 juta. Pokoknya, semakin mendekati Idul Fitri, maka orang yang menukarkan uang semakin banyak,” akunya kepada reporter JJFM, Kamis (11/10). Sedikitnya ada 3 macam uang pecahan yang disediakan, yaitu pecahan Rp 1.000, Rp 5.000, maupun Rp 10.000. Untuk setiap uang pecahan, dirinya menaikkan harga 10 persen dari nilai nominal. Misal, untuk uang pecahan Rp 1.000 yang dibendel menjadi Rp 100.000 dijual dengan harga Rp 110.000. Akibatnya, keuntungan yang diperoleh juga sangat lumayan. Dalam satu hari, keuntungan yang diperoleh bisa mencapai Rp 100.000. 

Tingginya permintaan masyarakat ini ternyata menarik minat masyarakat lain untuk menekuni bisnis penukaran uang. Buktinya, dari tahun ke tahun, jumlah pedagang penukaran uang ‘dadakan’ terus bertambah. “Sekarang ini pedagangnya tambah banyak. Naik sampai 50 persen. Makanya, dari tahun ke tahun pendapatan saya justru turun,” ungkap Muhammad Syafi’i, pedagang penukaran uang yang sudah beroperasi di Jl. Pahlawan sejak 3 tahun lalu itu. 

Diakui bahwa semula, keuntungan yang diperoleh bisa berlipat karena jumlah pedagang penukaran uang belum terlalu banyak. Namun sekarang, tingkat persaingan makin tinggi. “Kalau ingin mendapat untung banyak, ya harus jualan sampai malam,” katanya. (noe)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: