Tubuh Kuat, Belum Tentu Jiwa Sehat

Jargon “Di dalam Tubuh yang Kuat Terdapat Jiwa yang Sehat” tidak selalu benar. Fisik yang kuat tidak menjamin kesehatan mental. Padahal, tanpa mental yang prima, kesehatan fisik takkan banyak bermanfaat.

Berbeda dengan gangguan fisik yang kasat mata, gangguan jiwa tidak mudah dikenali. Akibatnya banyak penderita yang tak terdeteksi. Padahal, sama dengan gangguan fisik, gangguan jiwa harus segera diobati. Tanpa penanganan yang tepat, gangguan jiwa akan semakin parah.           

“Salah satu penyebab gangguan jiwa adalah stres yang tidak ditangani dengan baik. Setiap orang dapat mengalami stres. Nah, bila stres itu tak tertangani dengan baik, ia akan mengganggu keseimbangan jiwa,” kata dr Hendro Riyanto SpKJ MM, anggota Perhimpunan Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa Indonesia (PDSKJI) cabang Surabaya dalam talkshow Solusi Sehat di radio JJFM, Rabu (10/10). Ia “mengudara” bertepatan dengan Hari Kesehatan Jiwa Sedunia yang tahun ini mengangkat tema Mental Health in a Changing World: the Impact of Culture and Diversity.

Yang penting, lanjut Hendro, jangan menjadikan stres sebagai sesuatu yang menakutkan. Stres dapat di-manage dengan banyak cara. Misalnya, memperbanyak aktivitas yang digemari dan menceritakan masalah yang dihadapi kepada orang yang dipercaya. Bisa juga dengan menulis di buku harian untuk memperingan beban.

Meskipun dapat mengurangi beban, menulis di buku harian tidak dapat memberikan solusi tuntas. “Temui profesional yang dapat membantu Anda menemukan solusi yang tepat. Boleh juga membawa buku harian yang Anda tulis untuk dianalisa,” saran Hendro. 

Untuk memperoleh kesehatan jiwa yang baik, orang harus mampu menciptakan konstruksi untuk memperbaiki dirinya. Teruslah berlatih dan memperbaiki diri. Memberi perhatian dan kasih sayang pada sesama makhluk ciptaan Tuhan juga membuat jiwa semakin sehat. (lee)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: