Kulit Sensitif Mudah Terkena Alergi

Dibandingkan jenis kulit berminyak dan kering, kulit sensitif ternyata lebih rentan terkena iritasi dan membutuhkan perawatan khusus. Untuk itu, perlu berhati-hati dalam merawat kulit dan memilih produk. Lalu bagaimana mengenali jenis kulit sensitif ? 

“Kulit sensitif dapat dikenali dari permukaannya yang tipis dan biasanya kemerahan, kecuali pada kulit yang gelap. Meski tidak semua kulit kemerahan itu sensitif, tapi biasanya kulit menjadi merah karena sensitive. Ciri lainnya yaitu bahwa kulit sensitif sangat mudah terkena alergi,” papar dr. Strianang SpKK dari Trisa Derma Skin Care dalam talkshow Solusi Sehat di radio JJFM, Kamis (18/10). 

Pemilik kulit sensitif sebaiknya menghindari bahan-bahan yang bersifat iritatif, seperti alkohol, pewangi, dan AHA. “AHA itu bersifat mengelupas kulit ari, sehingga dapat menyebabkan alergi. Jadi, sebelum membeli kosmetik sebaiknya baca dulu kandungannya, terutama untuk pemutih. Karena sekarang ini banyak pemutih mengandung zat-zat yang tidak boleh digunakan kulit sensitif,” jelasnya. 

Begitu juga dengan produk pembersih wajah yang ringan, misalnya berbentuk susu pembersih yang tidak pekat. Selain itu, tidak disarankan memilih pembersih sekaligus penyegar, karena biasanya produk tersebut mengandung alkohol. Saat memakai pembersih sebaiknya jangan dibiarkan terlalu lama menempel di kulit agar tidak terjadi iritasi. Segera bersihkan dengan pembersih secara lembut. “Memakai dan mengangkat pembersih sebaiknya jangan ditekan, karena dapat merangsang alergi,” saran dr. Strianang. 

Pada prinsipnya, kata dr. Strianang, pilih kosmetik yang bersifat non-iritan dan hindari zat aktif yang bersifat iritan, seperti peeling. Selain itu, pilih kosmetik yang mengandung Ph rata-rata 5,5 karena sesuai dengan Ph kulit manusia. Untuk mencegah alergi sebaiknya sebelum menggunakan suatu produk, oleskan dulu di tangan. Jika tidak terjadi alergi, berarti produk itu cocok untuk kulit Anda. 

“Perawatan pada kulit sensitif biasanya ditujukan untuk perbaikan dan peremajaan. Sehingga sebaiknya, gunakan tabir surya bila akan beraktivitas di luar ruangan pada siang hari. Untuk wanita, selain perawatan sebaiknya juga menggunakan kosmetik estetik,” tuturnya. (lee) 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: