Tingkatkan Kepedulian Lingkungan dengan Program CSR

Pemerintah akan merealisasikan program Corporate Social Responsibility (CSR) untuk meningkatkan kepedulian terhadap sumber daya alam. Upaya ini dilakukan karena selama ini Indonesia dikenal sebagai negara yang paling banyak melakukan penyimpangan SDA terutama di Kalimantan. 

“Diharapkan program ini dapat membangkitkan kepedulian perusahaan terhadap SDA, terutama untuk industri pertambangan,” tegas Bastian Purnama, Direktur Utama Bursa Efek Surabaya kepada reporter JJFM, Rabu (24/10). Diakui bahwa sejauh ini banyak industri pertambangan yang mengandalkan SDA dan tidak memperhatikan lingkungan, misalnya hasil tambang karbon. 

“Desember nanti akan ada konferensi dengan Menteri untuk mengatur persediaan karbon. Nantinya kalau ada perusahaan yang melanggar maka akan dikenai kompensasi yang harus dibayar ke pemilik hutan,” kata Bastian. Pemberlakukan kompensasi ini sengaja dilakukan agar industri bertanggungjawab terhadap SDA yang digunakan. 

Ke depan, Bastian berharap agar program CSR tidak mempengaruhi penjualan di berbagai industri. Apalagi saat ini banyak perusahaan yang akan go public. “Kalau bisa program ini justru meningkatkan penjualan,” ujarnya. (noe) 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: