Update Firmware Ponsel secara Berkala

Firmware di ponsel ibarat suatu sistem operasi untuk menjalankan bermacam-macam aplikasi, mulai kalender, alarm, hingga fungsi-fungsi lain. Bila firmware kurang sempurna, maka ponsel tidak akan bekerja optimal. Misalnya, hang dan pengisian baterai tak pernah bisa penuh.            

“Jadi begini, firmware seolah sistem operasi. Ia bukanlah sistem operasi. Kalau sistem operasi itu, contohnya, Symbian UIQ dan Linux. Dengan istilah lain, firmware bisa dianggap sebagai bahasa mesin,” tutur Richard, praktisi seluler, dalam talkshow Bincang Seluler di radio JJFM (25/10).            

Para produsen ponsel secara berkala biasanya akan meluncurkan firmware terbaru. Bug atau kekurangsempurnaan yang ditemukan di firmware lama diperbaiki pada firmware keluaran berikutnya. Karena itulah, tak ada salahnya pengguna melakukan update firmware ponsel secara berkala.            

Ada tiga alternatif cara untuk melakukan update firmware. Cara yang paling konvensional, pemilik ponsel berkunjung ke pusat perbaikan resmi ponsel yang dimilikinya. Selama masih dalam masa garansi dan tak terjadi kerusakan yang timbul akibat kecerobohan pengguna, update firmware dapat dinikmati gratis oleh pemilik ponsel.            

Alternatif kedua, memanfaatkan fitur online update. Sebagian ponsel keluaran baru telah memiliki fitur tersebut. Firmware di-update langsung dari ponsel oleh si pemiliknya. Diperlukan akses data yang lancar, cepat, dan stabil untuk melakukannya. “Bila pengguna berada di lokasi yang dilayani 3G, sebaiknya gunakan 3G, bukan GPRS,” pesan Richard.            

Sedangkan alternatif ketiga melakukan update lewat komputer. Komputer hanya berfungsi sebagai media. File-file untuk meng-update firmware di-download dulu dan disimpan di komputer. Ponsel lalu dihubungkan dengan komputer. Setelah itu, proses update dimulai.            

“Dibandingkan alternatif kedua, tindakan meng-update firmware via komputer lebih sering dipilih pengguna. Sebab, mereka bisa men-download file-file yang diperlukan menggunakan internet kantor sehingga tak perlu mengeluarkan biaya,” ungkap Richard. (lee)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: