Terminal Kayu Masih Sebatas Wacana

Rencana pembangunan terminal kayu di Jawa Timur sejauh ini masih sebatas wacana. “Sebetulnya kami mendukung rencana pemerintah untuk membangun terminal kayu, apalagi persediaan kayu makin terbatas. Tapi, kenyataannya sampai sekarang belum ada realisasi,” tegas Rudi Asparin, pengusaha mebel di kawasan Sepanjang, Sidoarjo kepada reporter JJFM, Senin (29/10). 

Diakui bahwa wacana ini sebenarnya sudah digulirkan cukup lama. Bahkan Gubernur Jawa Timur, H Imam Utomo pernah menjanjikan bahwa tahap awal pembangunan akan dilakukan pada awal tahun 2008 dan berlokasi di Kecamatan Cerme, Kabupaten Gresik. Tapi hingga saat ini belum terlihat tanda-tanda adanya rencana pembangunan. 

Semula, terminal ini diharapkan mampu membantu pengusaha kecil dan menengah dalam mencari bahan baku kayu untuk industrinya. Mereka tidak perlu mencari sampai luar pulau dan mengeluarkan biaya tinggi untuk transportasi. Namun, hanya datang ke terminal kayu untuk memilih dan memesan kayu yang dibutuhkan.  

Terminal ini nantinya juga akan menampung kayu-kayu yang statusnya illegal, baik yang berasal dari barang sitaan maupun barang bukti hasil curian. Tapi, setelah keluar dari terminal, statusnya akan berubah menjadi kayu legal. Karena, selama di dalam terminal, pemerintah akan mengurus dan melengkapi bukti administrasinya sehingga tidak perlu membuat pengusaha dan pembeli takut.  

Rudi khawatir jika rencana pembangunan terminal kayu nantinya hanya berupa wacana, karena itu justru akan merugikan UKM. Apalagi saat ini banyak pengusaha mebel yang kesulitan mendapatkan bahan baku kayu. Dengan kondisi ini, Rudi berharap agar Pemerintah Propinsi Jawa Timur segera menindaklanjuti kelangsungan hidup para pengusaha kecil dan menengah yang membutuhkan kayu sebagai bahan baku industrinya. (noe) 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: