Asuransi Lokal Dituntut Bersaing Dengan Asuransi Asing

Keberadaan asuransi kini bukan lagi sebagai investasi, tapi sudah menjadi kebutuhan, terutama untuk asuransi jiwa. Peluang inilah yang coba dimanfaatkan para pelaku usaha asuransi untuk menciptakan berbagai varian dan kemudahan dalam ber-asuransi. 

Tidak hanya perusahaan asuransi lokal, perusahaan asuransi asing juga ikut dalam tersaingan tersebut. Keadaan inilah yang harus disiasati agar perusahaan asuransi lokal tidak terpuruk. “Sebagai lembaga asuransi, seharusnya keberadaan mereka justru memotivasi kita agar bisa bertahan di negeri sendiri,” tegas Sumarno, Ketua Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia-Jatim kepada reporter JJFM, Rabu (31/10). 

Diakui bahwa keberadaan perusahaan asuransi asing sebaiknya tidak hanya dilihat dari segi persaingan, tapi belajar dari teknologi dan jaringan yang mereka gunakan. “Kita ambil sisi positifnya aja, karena secara teknologi dan jaringan, mereka itu lebih unggul. Kita harus belajar dari mereka,” tambahnya. 

Sumarno juga tidak menampik bahwa untuk menjaring pasar, dibutuhkan kemampuan untuk menawarkan produk yang bervariasi. Dengan demikian, konsumen akan memiliki banyak pilihan yang disesuaikan dengan kebutuhan. (noe)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: