Buruh Tuntut UMK Surabaya 2008 Diatas Rp 1 juta

Ratusan buruh yang tergabung dalam Serikat Buruh Kerakyatan (SBK) menuntut agar UMK Surabaya 2008 diatas Rp 1 juta. Tuntutan ini diungkapkan dengan menggelar aksi demo di Balai Kota Surabaya. Selain membentangkan poster, tidak kurang dari 150 buruh itu juga melakukan orasi. 

Dalam aspirasinya, para buruh menuntut agar nilai UMK Surabaya 2008 sebesar Rp 1.063.000 yang dianggap sesuai dengan perhitungan Kebutuhan Hidup Layak (KHL) dan inflasi. Jumlah ini jauh lebih besar dibanding tiga tawaran yang rencanaya hari ini akan diserahkan Dewan Pengupahan kepada Walikota Surabaya, Bambang DH. Ketiga tawaran tersebut adalah dari unsur serikat pekerja yang mengajukan UMK 2008 antara Rp 800 ribu hingga Rp 839 ribu. Unsur Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) mengajukan UMK 2008 maksimal sebesar Rp 753.460. Sedangkan Pemkot mengajukan nilai KHL sebesar Rp 802.300.

“UMK murah sama saja dengan menyengsarakan rakyat. Kalau upahnya rendah, daya beli masyarakat juga rendah, dan artinya kemiskinan akan bertambah. Apalagi sekarang ini harga bahan kebutuhan pokok terus naik,” kata Hadi Purnomo, Ketua Serikat Buruh Kerakyatan yang ikut dalam aksi tersebut kepada reporter JJFM, Kamis (1/11). 

Aksi tersebut ternyata juga mendapat dukungan dari masyarakat. Seperti yang diungkapkan Ajeng, salah satu masyarakat Surabaya yang kebetulan melintas. Menurutnya, aksi para buruh ini merupakan tindakan yang wajar. Namun akan lebih baik jika tuntutan kenaikan upah juga dibarengi dengan peningkatan kualitas kerja. (noe) 

5 Responses

  1. Semoga saja para buruh atau pekerja yang mengharapkan naiknya UMK bisa terwujud keinginannya. Kita cuma bisa berdoa dan berharap. (harap harap cemas)

  2. senang sih kalau UMK bisa dinaikkan. Alhamdulillah, bersyukur jika hal itu dikabulkan.
    harapan saya pemerintah bisa memahami keinginan pekerja.

  3. aq sangat bersyukur apa bila umk bisa di kabulkan menjadi 1juta lebih

  4. Sudah saatnya para pengusaha untuk peduli dengan kesejahteraan karyawannya.

    ” Perusahaan yang besar adalah perusahaan yang menganggap seluruh karyawannya merupakan asset yang paling berharga “.

    Diindonesia saat ini…yang kaya makin kuayaaa…yang miskin makin miskiiin.

    Percayalah, jika keadaan ini terus dibiarkan entah negara ini akan menjadi apa.

    Bye

  5. hidup buruh!!!
    sudah waktunya bagi kaum buruh untuk mendapatkan hak nya. buruh bekerja untuk para kapitalis (pemilik modal) yang hari ini akumulasi modalnya semakin bertambah sementara kesejahteraan buruh tidak terjamin. buruh adalah manusia yang memiliki hak asasi, hak untuk hidup layak, hak untuk menyekolahkan anak2nya, dll.
    tanpa adanya tenaga buruh, proses produksi kapitalis tidak akan berjalan dan perekonomian akan berhenti…..

    hidup Buruh….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: