50 Persen Hutan di Jatim Masuk Kategori Lahan Kritis

Akibat penebangan hutan secara liar, lebih dari 50 persen hutan di Jawa Timur masuk kategori lahan kritis. Keadaan ini tentu saja mengancam keselamatan masyarakat Jawa Timur terhadap bahaya banjir dan tanah longsor. 

“Kondisi hutan saat ini sungguh mengkhawatirkan. Dari 1,3 juta hektar luas hutan di Jawa Timur, 865.000 hektar diantaranya masuk kategori lahan kritis,” tegas Agus Syamsudin, Kepala Dinas Kehutanan Jawa Timur kepada reporter JJFM, Rabu (7/11). Menurutnya, hutan yang termasuk lahan kritis itu terbagi atas 2 kategori, yaitu 200.000 hektar diantaranya berada di dalam kawasan hutan, sedangkan 665.000 hektar berada di luar kawasan hutan. 

“Sejauh ini, kami tetap berupaya untuk melakukan reboisasi dan baru bisa dilihat hasilnya pada 2013,” tambahnya. Untuk itu, Agus berharap agar masyarakat tidak sembarangan menebang pohon. “Jangan hanya melihat pohon sebagai tambahan devisa, tapi perhatikan sebagai resapan air yang sangat dibutuhkan terutama saat hujan seperti sekarang,” sarannya. (noe)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: