Ingin Awet, Pilih Bunga yang Setengah Mekar

Katakan dengan bunga, sebab setangkai bunga bisa memberikan sejuta makna. Ungkapan itu memang tidak berlebihan karena bunga seringkali menjadi media untuk mengungkapkan perasaan. Keadaan ini juga dirasakan Bambang Supriadi. Pemilik Sekar Sari Flower Shop ini mengaku bahwa permintaan untuk cut flower atau rangkaian bunga potong pun berdatangan. Baik untuk ulangtahun, kelahiran, kegiatan bisnis, maupun kematian. 

“Pesanan paling banyak justru datang setelah lebaran dan pertengahan tahun,” ujarnya saat menjadi narasumber Panduan Konsumen di radio JJFM, Rabu (14/11). Diakui bahwa bentuk, warna, dan mitos bunga mempengaruhi pesanan pelanggan. “Ada pelanggan yang tidak mau bunga wana merah pada rangkaian bunga untuk kematian, karena warna merah dianggap sebagai simbol kebahagiaan. Tapi ada juga pelanggan yang minta rangkaian bunga untuk kematian diberi bunga warna merah. Kalau itu biasanya untuk orang yang meninggal bahagia, misalnya meninggal di usia tua sebagai ungkapan syukur karena diberi kesempatan menikmati umur panjang,” jelasnya. 

Begitu juga untuk pesanan ulangtahun. Sebaiknya bunga yang digunakan adalah bunga dengan warna keras, seperti merah maron, putih, hijau. Lain halnya dengan bunga untuk orang yang baru melahirkan, sebaiknya menggunakan bunga dengan warna yang lembut, seperti merah muda, kuning, biru muda. “Tapi itu juga sesuai permintaan pelanggan. Kadang ada juga pelanggan yang menabrak kebiasaan tersebut. Yang penting rangkaian bunganya kelihatan bagus,” tambahnya. Meski demikian, diakui bahwa saat ini banyak pelanggan yang suka dengan rangkaian bunga minimalis, baik warna maupun bentuknya.  

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan pelanggan sebelum memesan rangkaian bunga potong. Yaitu, pilihlah bunga yang daunnya masih segar. Lalu, jangan memilih bunga yang sudah mekar agar tidak mudah rontok. “Jangan juga memilih bunga yang masih kuncup, karena dikhawatirkan butuh waktu lama untuk mekar, bahkan bisa jadi tidak mekar sama sekali. Jadi, sebaiknya pilih bunga yang setengah mekar,” saran Bambang. 

Diantara sekian banyak jenis bunga, bunga yang paling banyak digunakan dalam rangkaian bunga potong adalah bunga aster dan krisan. Selain bentuknya yang indah, daya tahan bunga aster dan krisan lebih lama dibanding bunga lain. “Aster dan krisan bisa bertahan 4-5 hari, tapi kalau dirawat dengan baik bisa lebih dari itu. Tapi kalau mawar hanya bisa bertahan 1-2 hari,” tambahnya. 

Untuk mendapatkannya juga tidak mudah. Selama ini, Bambang selalu memesan Aster dan Krisan dari Bandung. Sebab, keduanya hanya dapat tumbuh di dataran tinggi, seperti Malang dan Bandung. “Sekarang ini juga banyak petani di Malang yang belajar mengembangbiakkan Aster dan Krisan lewat greenhouse. Mulai dari penyinaran, air, dan obat didesain secara khusus. Hasilnya memang tidak sesempurna yang dari Bandung,” kata Bambang. 

Di akhir perbincangan, Bambang memberikan tips cara merawat bunga artificial dan bunga hidup. Cara membersihkan bunga artificial yaitu dengan mencelupkan bunga tersebut pada campuran air sabun yang sudah berbusa. Lalu bersihkan dengan sikat gigi atau lap, dan keringkan. “Jangan mencelupkan terlalu lama karena akan mempengaruhi warna bunga dan lem yang merekatnya. Begitu juga sat mengeringkan, sebaiknya jangan diletakkan di bawah sinar matahari langsung agar warnanya tidak pudar,” ulas Bambang. Sedangkan untuk bunga hidup. Sebaiknya jaga agar foam yang menjadi tempat tumbuhnya bunga itu selalu basah. “Potong dahan bunga sedikit, lalu tancapkan pada foam dan beri air 3-4 hari sekali. Jaga agar foam selalu basah agar bunga tidak cepat layu,” ulasnya. (noe)   

One Response

  1. hai kakak2 yang ada di JJfm salam kenal ya dari kita.
    Smezhofm Ponorogo. Radionya anak sekolah. Thanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: