Botol Air Bisa Dijadikan Barbel

20071108324860864.jpg

Membentuk otot bahu yang kuat tidak harus dilakukan di pusat kebugaran. Seseorang dapat melakukannya sendiri di rumah dengan menggunakan peralatan sederhana. Botol bekas air minum, misalnya, bisa diisi pasir dan difungsikan sebagai barbel.            

“Hal yang lebih penting untuk diketahui sebelum berlatih adalah manfaat gerakan yang dilakukan. Contohnya, bila berniat mengencangkan bahu, barbel harus diangkat di atas bahu,” kata Akbar, personal trainer Atlas Sport Club, dalam talkshow promo di radio JJFM, Rabu (7/11).            

Berat barbel seyogianya diperhatikan. Barbel yang terlalu ringan membuat latihan tidak efektif. Sebaliknya barbel yang terlalu berat bisa menyebabkan cedera. Barbel seberat dua kilogram sudah memadai untuk wanita.            

Definisi tubuh ideal bagi pria dan wanita, lanjut Akbar, berbeda. Pria menganggap tubuh yang ideal harus berotot di bagian-bagian tertentu seperti lengan dan bahu. Semakin berotot, seorang pria dipandang semakin macho. Sementara wanita justru menginginkan ramping di bagian tubuh tertentu, antara lain, lengan, bahu, perut, pinggul, dan pinggang ke bawah.             

“Dikaitkan dengan hal itu, sampai sekarang masih banyak wanita yang enggan berlatih beban. Mereka takut tubuhnya kekar seperti pria,” ungkap Akbar. Padahal, kekhawatiran itu sebenarnya tidak beralasan. Postur tubuh pria dengan wanita berbeda. Walaupun berlatih beban, wanita takkan kekar seperti pria. Justru dengan berlatih beban otot-otot wanita akan terbentuk dan semakin kencang. Sehingga, tubuh ramping ideal pun terwujud.  

“Supaya tak sampai mengalami cedera saat berlatih, jangan lupa melakukan pemanasan dulu. Dahului dengan aerobik atau cardio exercise, kemudian latihan beban, dan akhiri dengan cardio lagi. Lakukan 2-3 kali seminggu,” timpal Emma, juga personal trainer, yang hadir di radio JJFM bersama Akbar. Selama berlatih setiap orang harus selalu berkonsentrasi. Hal itu akan membuat hasil latihan yang diidamkan lebih cepat tercapai. Bila Anda berencana mengikuti latihan dengan dibimbing tenaga profesional, hubungi Atlas Sport Club di Jl Dharmahusada Indah Barat III/64-66, Surabaya, telp 031-5961313. Di Malang, Atlas berlokasi di Jl Istana Dieng II, Club House Istana Dieng, telp 0341-556125 dan 556126. Informasi lebih detail bisa pula diperoleh dengan mengunjungi situs http://www.atlassportclub.com. (lee) 


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: