BNI Siapkan Kredit untuk UKM

Masalah modal seringkali menjadi kendala bagi pengusaha kecil dalam mengembangkan usahanya. Meski saat ini banyak bermunculan lembaga keuangan yang menawarkan pinjaman usaha, namun tetap saja, beban yang harus dipikul para pengusaha kecil itu masih terasa berat. Apalagi kalau bukan suku bunga yang cukup tinggi. 

Kekhawatiran ini tampaknya tidak perlu berlarut, karena BNI memiliki produk baru yang siap membantu para pengusaha kecil khususnya UMKM dalam mengembangkan usaha. Namanya BNI Wira Usaha (BWU). Selain memberikan kemudahan dalam proses kredit dan ketentuan syarat yang fleksibel, BWU juga menetapkan suku bunga yang cukup kecil. Suku bunga yang digunakan yaitu 0,3 – 0,9 persen per tahun, flat, tergantung jangka waktu pinjaman. Batas waktu kredit hingga 5 tahun da dapat diperpanjang selama pembayaran angsuran lancar. 

“Debitur yang dalam 3 bulan pertama mengangsur dengan baik, dapat menarik angsurannya lagi. Jadi, dana tersebut dapat digunakan semaksimal mungkin untuk mengembangkan usaha,” jelas Zubair Djasmin, dari Sentra Kredit Kecil BNI Surabaya saat menjadi narasumber talkshow promo di radio JJFM, Jumat (9/11). 

BNI Wira Usaha hanya ditujukan bagi pelaku usaha yang telah menjalankan usahanya minimal 1 tahun dan memiliki modal antara Rp 50 juta – 500 juta. Untuk pemohonan kredit diatas Rp 50 juta harus disertai dengan NPWP dan surat keterangan dari kelurahan atau kecamatan. Sedangkan untuk kredit diatas Rp 150 juta harus disertai dengan bukti legalitas, seperti Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP). 

Syarat lain yang perlu diperhatikan adalah fotokopi rekening koran dan sertifikat sebagai jaminan tambahan. “Tidak harus atas nama calon debitur, tapi boleh milik pihak lain asalkan masih dalam ikatan derajat pertama dengan calon debitur, misalnya orangtua, istri atau suami, anak, mertua, atau saudara kandung,” tambahnya. 

Akan sangat membantu jika calon debitur menyertakan laporan keuangan. “Bagi yang belum biasa menyusun laporan keuangan, kami sia membantu,” kata Zubair. Satu yang terpenting, produk ini hanya untuk WNI. Bila semua persyaratan dipenuhi, maka proses kredit dapat segera diproses, tidak lebih dari 3 hari. 

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi BNI Sentra Kredit Kecil Surabaya di Graha Pangeran (Jl. Ahmad Yani) dan kawasan Pemuda Surabaya. Sedikitnya ada 10 Sentra Kredit Kecil BNI dan 29 Kantor Cabang BNI tersebar di Jawa Timur. (lee)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: