Siapkan Ponsel Hadapi Hujan

Musim hujan telah tiba. Sebagai pengguna ponsel, ada beberapa langkah yang idealnya dilakukan agar ponsel tak sampai bermasalah gara-gara kehujanan.“Intinya simpanlah ponsel di kantung yang kedap air. Solusi termudah dan tak perlu mengeluarkan biaya adalah memasukkan ponsel ke tas plastik yang biasa disebut tas kresek,” kata Ju Ming, praktisi ponsel, dalam talkshow Bincang Seluler di radio JJFM, Jumat (16/11).

Ia mengingatkan, banyak orang menganggap menyimpan ponsel di dalam tas kedap air sudah memadai. Padahal, bukan mustahil air hujan tetap masuk ke dalam tas bahkan menimbulkan genangan. Ponsel yang disimpan pun akhirnya tergenang air. “Biasanya ada celah kecil yang memungkinkan air masuk. Nah, karena bahan tas kedap air, air hujan yang masuk malahan tidak dapat keluar sampai menggenang,” ungkap alumnus sebuah PTS Surabaya itu.

Bila pengguna bersedia menyediakan anggaran khusus, tersedia beberapa aksesori tambahan yang, menurut Ju Ming, dapat dipertimbangkan. Ada yang berupa kantong khusus dengan ukuran sesuai dengan dimensi fisik ponsel, ada pula yang berwujud kontainer kecil. Telah beredar pula pelindung ponsel yang dilapisi karet. Sehingga, selain kedap air aksesori ini mampu meredam benturan. Harga aksesori semacam ini rata-rata lebih dari Rp 100 ribu per unit.

Seandainya karena sesuatu hal ponsel terkena air hujan atau kebanjiran, pengguna disarankan langsung melepas baterai ponsel itu. Jika memungkinkan lepas pula casing ponsel. Kemudian ponsel dibawa ke pusat perbaikan resmi. “Jangan tunda hingga keesokan harinya karena proses korosi akan mulai terjadi,” tegas Ju Ming.

Kalau kondisi tidak memungkinkan pengguna segera ke pusat perbaikan resmi, keringkan ponsel dengan handuk atau lap yang menyerap air. Masukkan ke kontainer dan beri penyerap air atau silica gel. Ditambah dengan lampu yang menyala akan lebih baik. Kehangatan cahaya lampu membuat ponsel lebih cepat kering. (lee)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: