Batik Jatim Akan Dipatenkan

Gubernur Jawa Timur, Imam Utomo prihatin melihat banyaknya kasus penyerobotan karya batik dari Jatim. Untuk itu, dalam waktu dekat pihaknya akan melindungi para pengrajin batik di Jatim dengan memberikan hak paten. Seperti diungkapkan Ir. Cipto Budiono, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jatim kepada reporter JJFM, Kamis (22/11).

Menurutnya, selama 5 tahun terakhir, terjadi banyak kemajuan dalam industri batik di Jatim, baik dari segi kualitas maupun kuantitas. “Kalau semula hanya ada 12 kabupaten, tapi sekarang sudah ada 21 kabupaten/kota di Jatim yang mengembangkan batik dengan motif dan corak yang beda,” tegas Cipto.

Tidak hanya itu, para pengrajin batik juga mulai berani bereksplorasi. “Dulu itu paling sulit mengaplikasikan warna alam, tapi sekarang sudah banyak batik yang menggunakan warna alam. Artinya, ada suatu kemajuan,” tandas Cipto. Sayang, sampai saat ini, seluruh potensi tersebut belum dilindungi dalam sebuah hak paten.

Itu sebabnya, dalam waktu dekat pihaknya akan mematenkan seluruh karya batik di Jatim. Harapannya, agar ke depan, industri batik dapat berkembang terutama di pasar ekspor. Menurut Cipto, hingga saat ini, batik Jatim sudah mulai dipasarkan di Eropa dan Amerika. (noe)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: