Mandala Tambah Pesawat Airbus

 logo-mandala.gif

Mandala Airlines menerima kedatangan pesawat Airbus A319 yang merupakan pesawat komersial terbaru Mandala Airlines, Kamis (22/11). Penambahan pesawat yang didatangkan dari Perancis ini akan menambah rute penerbangan dari Jakarta ke Surabaya menjadi 5 kali sehari. Pesawat Airbus A319 ini merupakan pesawat kedua dari total 30 pesawat Airbus yang telah dipesan. 

“Investasi yang kami keluarkan juga cukup besar. Satu unit pesawat saja harganya mencapai 63 juta dolar Amerika. Meski tergolong mahal, tapi ini sesuai dengan komitmen kami untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada penumpang, baik dari segi kenyamanan maupun keamanan,” jelas Irianda Susilo, Chief Commercial Officer Mandala Airlines kepada reporter JJFM, Kamis (22/11). 

Memang, terhitung sejak 3 Oktober 2007, Mandala hadir dengan New Mandala Airlines. Dengan mengusung konsep Low Fare Experience, Mandala mempersiapkan peremajaan armada dengan harga yang sangat terjangkau. Ini terlihat dengan upaya New Mandala Airlines yang membeli 3 pesawat Airbus tipe A319 dan A320 yang didatangkan dari pabrik Airbus di Toulouse Perancis dan Hamburg, Jerman.

“Airbus mempunyai daya jelajah yang tinggi, sehingga bahan bakarnya lebih irit. Biaya perawatan untuk pesawat baru juga lebih murah. Jadi tidak heran, meski konsep penerbangan kami murah, tapi keamanan dan kenyamanan tetap prioritas utama,” papar Irianda. Mandala Airlines sendiri merupakan satu-satunya maskapai yang memiliki Department Safety and Quality. ”Buktinya, selama Nopember 2007, Mandala mengadakan Nopember Promo untuk semua rute dengan tarif Rp 199.000. Istimewanya, para penumpang tidak hanya dapat memesan tiket untuk akhir tahun, tapi juga untuk tahun depan, tapi dengan kapasitas terbatas,” kata Krisman Effendy, Branch Manager New Mandala Airlines Surabaya. 

Selain meremajakan maskapai, jajaran manajemen juga mengalami perombakan. Warwick Brady, mantan Chief Operating Officer Lion Air kini menjabat CEO Mandala dan Technical Director dipegang Brian Bradbury yang berpengalaman di British Airways. Ditambah pemegang saham baru Cardig Internasional dan Indigo International yang juga mengelola beberapa maskapai di Amerika, Eropa Timur, dan Singapura. Begitu juga dengan para pramugari yang sebelumnya harus mengikuti beberapa pelatihan. Bahkan salah seorang pramugari, Dewi Adriani, tahun ini terpilih sebagai The Best Stewardess dari Inaka. 

Mungkin Anda masih ingat,  daftar peringkat keamanan maskapai penerbangan yang dikeluarkan Departemen Perhubungan (Dephub) beberapa bulan lalu. Yang mengejutkan, tak satupun maskapai nasional masuk kategori 1 (aman). Kondisi ini memotivasi Mandala untuk melakukan pembenahan besar-besaran. Hasilnya, Mandala masuk peringkat 1 dalam daftar peringkat keamanan Departemen Perhubungan terbaru yang baru dikeluarkan Oktober 2007. Bahkan Mandala telah 2 kali  diaudit badan sertifikasi keselamatan internasional IOSA (IATA Operational Safety Audits) dan kini sedang menunggu hasilnya.  

“Hasilnya akan diketahui Desember depan. Tapi kemungkinan besar, kami berhasil. Artinya, Mandala akan menjadi maskapai swasta nasional pertama yang memperoleh sertifikasi ini. Bagi kami, keselamatan adalah faktor terpenting dan tujuan utama kami. Karena itulah perawatan semua pesawat  kami serahkan pada Singapore Airlines Engineering Company,”kata Irianda. 

Untuk mempermudah  pemesanan, Mandala sudah dilengkapi dengan layanan e-ticketing atau tiket elektronik. Informasi lain tentang Mandala, dapat menghubungi call center 08041234567 selama 24 jam. Reservasi online langsung ke www.mandalaair.com. (noe/lee)  

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: