Tarif Listrik Naik, Industri Daur Ulang Plastik Panik

Kebijakan PT PLN menaikkan tarif dasar listrik untuk industri ternyata berdampak terhadap kelangsungan hidup pelaku industri daur ulang plastik. Mereka menyesalkan sikap PT PLN yang juga membebankan kenaikan tariff listrik kepada mereka, meski jenis usaha mereka berbeda dengan industri plastik. 

“Kami memang sama-sama industri, tapi jangan disama ratakan begitu. Industri plastik itu yang menghasilkan sampah plastik, sedangkan kami yang mengelolanya. Jelas saja hasil yang kami peroleh berbeda jauh dengan industri plastik,” tegas Wiji Saroso, Ketua Asosiasi Daur Ulang Plastik di kawasan Trosobo, Surabaya kepada reporter JJFM, Selasa (27/11). 

Diakui bahwa saat ini, para pengusaha daur ulang plastik berada pada posisi yang kurang kondusif. Sejak tarif listrik naik, biaya produksi yang dikeluarkan membengkak. Setiap bulannya, mereka harus mengeluarkan Rp 150 juta untuk membayar listrik dan menghidupkan mesin-mesin produksi. Itupun belum termasuk biaya produksi lain dan gaji karyawan. Padahal hasil produksi yang diperoleh sangat kecil. Untuk 1 kilogram plastik harganya Rp 2.500. Dalam atu hari, mereka dapat mendaur ulang plastik sebanyak 2 ton. 

“Kalau ini tidak segera diatasi, bisa-bisa kami gulung tikar. Padahal kalau mau ditelusuri, hampir 90 persen plastik yang kami olah berasal dari sampah masyarakat,” tambahnya. Kalau usaha mereka sampai tutup, maka jumlah sampah plastik yang menumpuk di TPA dipastikan bertambah. Sebaliknya, jika mereka tetap bertahan, bisa-bisa hasil produksinya tidak maksimal, karena mereka harus melakukan penghematan di beberapa sektor produksi. (noe)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: