Disiplin Aerobik dapat Turunkan Berat Badan

Idealnya, untuk menurunkan berat badan, dapat melakukan aerobik 30 menit tanpa henti selama 3-4 kali dalam seminggu. Namun kenyataannya, padatnya aktivitas mengakibatkan waktu untuk berlatih aerobik berkurang. “Tidak perlu khawatir, bagi Anda yang sibuk, dapat berlatih 2 kali sehari pagi dan sore, masing-masing 20 menit,” saran Emma, Personal Trainer Atlas Sports Club saat talkshow promo di radio JJFM, Rabu (5/12). 

Pada dasarnya, aerobic dapat dilakukan dengan alat, seperti treadmill dan tanpa alat, seperti jalan di tempat, berenang, maupun jogging. Bagi Anda yang sibuk di kantor, dapat melakukan aerobik dengan bantuan botol air mineral ukuran 1 liter yang berisi air penuh. “Lakukan latihan dengan posisi duduk dan berdir, 15-20 kali hitungan,” tambahnya.                

Satu hal yang harus diperhatikan, yaitu keamanan dalam melakukan aerobik. “Kalau Anda sudah pernah cedera, hindari aerobic yang high impact dan sebaiknya pilih yang ringan, sepert bersepeda atau berenang,” kata Emma. Itu sebabnya, sebelum berlatih, sebaiknya konsultasikan lebih dulu pada instruktur yang ada di Atlas Sports Club. Akan lebih baik jika berlatih di bawah pengawasan personal trainer. 

Perhatikan pula jenis dan porsi latihan. Jika memilih lari jarak pendek (sprint), maka kecepatannya harus lebih besar. Sedangkan untuk lari jarak menegah 400-500 meter harus menggunakan kecepatan yang sedang. Begitu juga dengan lari jarak jauh, intensitas kecepatannya harus stabil.  

Harus diingat juga bahwa latihan sebaiknya dilakukan secara teratur. Latihan yang berlebihan dapat mengakibatkan cedera dan kelelahan berlebihan, terutama bagi mereka yang memiliki lemak belebihan. “Kalau Anda merasa memiliki lemak berlebih sebaiknya lakukan latihan cardio 30-60 menit tanpa henti dan diimbangi dengan mengatur pola makan. Makanlah sedikit-sedikit tapi dengan frekuensi yang sering agar lambung tidak sampai kosong,” jelas Emma.  

Pola makan yang dianjurkan untuk mengurangi berat badan adalah mengganti nasi dengan roti gandum atau ketela yang dikukus. Hindari makanan yang digoreng dan berminyak, makanan yang mengandung penyedap rasa, dan kurangi konsumsi gula dan garam berlebihan. Sebisa mungkin, hindari minuman beralkohol karena dapat mengakibatkan lever dan perut buncit. “Satu hal yang penting, yaitu olahraga secara teratur dan tidur 8 jam sehari,” tambahnya.

Setelah berlatih, disarankan banyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi. Jika latihan dilakukan secara disiplin dan teratur, maka Emma menjamin dalam 3-4 bulan sudah membuahkan hasil. “Perlu dipahami bahwa dalam olahraga tidak mengenal sesuatu yang instan. Kebanyakan orang Indonesia ingin cepat kurus padahal baru berlatih 1 bulan,” tuturnya mengakhiri perbincangan. (lee)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: