Cuaca Buruk, Bisnis Pelayaran Diminta Waspada

Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya menghimbau para pelaku bisnis pelayaran untuk mewaspadai kondisi cuaca perairan Indonesia yang sedang buruk. Himbauan ini diberikan mengingat banyaknya kecelakaan dan bencana yang menimpa pelayaran di Indonesia. 

“Sejauh ini kami memang belum melakukan sistem buka tutup, tapi hanya menghimbau kapal yang mau berangkat. Sebelum berangkat, kapal harus memenuhi standard persyaratan untuk berlayar. Bahkan saat memberikan surat izin berlayar, kami juga informasikan keadaan cuaca pada nahkoda agar mereka waspada,” tegas Sri Sukaesih, Humas Administrasi Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya kepada reporter JJFM, Kamis (27/12). 

Diakui bahwa sejauh ini, himbauan yang diberikan hanya sebatas peringatan agar waspada dalam pelayaran. Sedangkan keputusan untuk tetap berlayar atau tidak, berada di tangan nahkoda. Upaya ini juga dilakukan agar para pelaku bisnis pelayaran dapat mengantisipasi tidak terjadinya keterlambatan pasokan ke daerah lain, khususnya untuk kapal kargo. (noe)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: