WiMAX, Wi-Fi Berjangkauan Lebih Luas

Teknologi WiMAX konon akan mengancam eksistensi Wi-Fi dan 3G. Apakah sebenarnya WiMAX itu? “WiMAX singkatan dari Worldwide Interoperability for Microwave Access. Ia adalah standar teknologi broadband wireless access yang menggunakan gelombang mikro,” kata Sis Soesetijo, dosen Fakultas Teknik Ubaya, saat menjadi narasumber talkshow Bincang Seluler di radio JJFM, Jumat (30/11).            

Menurutnya, WiMAX sebenarnya bukan hal yang benar-benar baru bagi Indonesia. Pascatsunami Aceh pada 2005, lembaga bantuan internasional menggunakan WiMAX untuk komunikasi point to point. Namun, akses ke pelanggan tetap memakai Wi-Fi.            

WiMAX mempunyai daya jangkau hingga 20 kilometer. “Jadi, mudahnya, WiMAX adalah lanjutan Wi-Fi dengan jangkauan yang jauh lebih luas,” tegas Sis.            

Keistimewaan lainnya, di WiMAX dapat diletakkan suara pada data sehingga biaya bisa ditekan. Ketika WiMAX hadir, operator seluler yang selama ini mengandalkan pemasukan dari SMS dan suara juga dapat mendorong pemasukan lewat pemakaian data. “Para operator seluler tidak perlu lagi berbagi kapasitas antara suara dan data seperti yang selama ini terjadi,” ujar Kepala Laboratorium Teknologi Komunikasi dan Informasi Ubaya itu.            

Di Indonesia WiMAX kemungkinan diterapkan secara meluas mulai 2009. Bila frekuensi Wi-Fi gratis, kelak frekuensi WiMAX berbayar. Peraturan lisensi dan standarnya akan ditetapkan oleh pemerintah. Pembagian lisensi kemungkinan bakal ditenderkan dan diikuti para operator seluler. (lee) 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: