Sektor Perbankan di Bojonegoro Masih Lumpuh

Banjir yang melanda Bojonegoro melumpuhkan sektor perbankan di Bojonegoro. Terhitung sejak 29 Desember 2007, beberapa bank di Bojonegoro tidak dapat beroperasi karena kantor dan peralatan infrastruktur mereka terendam air, salah satunya adalah Bank Mandiri. 

“Tadinya, kami sudah menyiapkan 3 karung pasir untuk menahan agar air tidak masuk ke kantor. Tapi berhubung volume air cukup banyak dan karung pasir itu tidak mampu menahan, akhirnya kantor kami kebanjiran juga,” ulas Nurmantiah Bahtiar, Pimpinan Bank Mandiri Cabang Bojonegoro kepada reporter JJFM, Kamis (3/1). 

Beruntung, beberapa computer yang menyimpan database nasabah berhasil diselamatkan, sedangkan beberapa berkas lainnya tidak berhasil diselamatkan. “Kejadiannya begitu cepat. Sabtu (29/12) pagi, air masih se-mata kaki, tapi masuk jam 4 sore, ketinggian air sudah mencapai 1 meter,” kisahnya. 

Hingga saat ini, genangan air belum sepenuhnya surut, sehingga kegiatan perbankan masih belum berjalan. Rencananya, Senin (7/1) depan mereka akan mendirikan posko di Jl. Ahmad Yani dan Jl. Kapten Tendean, Bojonegoro untuk melayani para nasabah. “Kita sedang berkoordinasi dengan kantor cabang Surabaya untuk mempersiapkan infrastruktur, seperti komputer maupun jaringan listrik agar bisa melayani nasabah. Mudah-mudahan besok Senin, posko sudah bisa beroperasi dan melayani nasabah,” harap Nurmantiah. 

Untuk itu, dia berharap agar para nasabah Bank Mandiri di Bojonegoro dapat memanfaatkan kesempatan tersebut untuk bertransaksi, terutama bagi para debitur. “Kami bisa memaklumi kondisi banjir yang sampai sekarang belum surut, dan lalu lintas yang masih putus. Tapi kami juga berharap para debitur bertanggungjawab dengan kewajibannya,” himbau Nurman. (noe)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: