2010, Surabaya Terancam Krisis Air Bersih

Prigi Arisandi, Direktur Ecoton Jatim memprediksi bahwa pada tahun 2010, Surabaya akan mengalami krisis air bersih. Prediksi ini diungkapkan karena adanya pendangkalan Kali Surabaya yang menjadi bahan baku PDAM Surabaya.

“Pemerintah selama ini hanya memperhatikan pembangunan Surabaya. Mereka sama sekali tidak peduli dengan pemeliharaan ekosistem. Kalau sudah terjadi pendangkalan seperti sekarang, maka kajian apapun yang dilakukan sudah terlambat,” tegas Prigi kepada reporter JJFM, Rabu (9/1).

Menurutnya, pendangkalan ini terjadi karena pertambahan jumlah penduduk dan pertumbuhan industri, khususnya di sekitar Kali Surabaya. Akibatnya, limbah yang dihasilkan menjadi banyak dan mencemari Kali Surabaya. Keadaan ini juga didukung dnegan minimnya persediaan air di kawasan hulu.

“Sekarang ini kenyataannya banyak hutan yang gundul dan tidak ada kawasan untuk resapan air. Jadi tidak heran kalau saat ini Jawa Timur mengalami banyak bencana. Begitu juga dengan Surabaya, kalau dibiarkan terus, bisa-bisa tahun 2010 nanti terancam krisis air bersih,” tambahnya. (noe)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: