Waspadai Jari Terkunci Akibat Aktivitas Jari

Jika Anda adalah wanita berusia diatas 40 tahun dan banyak melakukan pekerjaan dengan jari, seperti mengetik, mencuci, dan memeras pakaian secara berkala, maka Anda harus waspada. Sebab, kegiatan tersebut dapat memicu trigger finger atau jari terkunci.

Lalu, apakah yang dimaksud trigger finger atau jari terkunci ?

Jari terkunci biasa dikenal dengan jari terjetit, yaitu ketika kita menekuk jari dan ternyata jari tersebut tidak dapat diluruskan kembali. Meski sudah banyak yang pernah mengalami, namun tidak banyak yang tahu bahwa tindakan tersebut dapat memutus otot tendon.

“Biasanya ketika bangun tidur, kita suka membunyikan jari-jari sampai berbunyi ‘klik’. Nah, kalau tidak hati-hati, jari itu akan mengunci dan tidak dapat diluruskan lagi, lalu timbul rasa nyeri. Bahkan ada juga yang otot tendonnya sampai putus,” kata dr. Bimo Sasono SpOT, ahli bedah tulang dari Bawean Orthopedics Pain Surabaya dalam talkshow Solusi Sehat di radio JJFM, Selasa (8/1).

Otot tendon adalah otot berbentuk seperti kabel yang dilindungi pada sebuah terowongan di jari-jari manusia. Jika jari digerakkan, maka otot tendon juga ikut bergerak. Makin sering jari tersebut digerakkan, maka gerakan otot tedon juga makin banyak. Setiap kali otot tendon bergerak, maka akan terjadi gesekan dengan terowongan yang melindunginya. Tingginya intensitas gerakan menyebabkan terowongan akan teriritasi hingga terjadi penebalan. Akibatnya, pergerakan otot tendon menjadi tidak lancar karena terjepit dinding terowongan. Inilah yang menimbulkan bunyi ‘klik’ saat jari digerakkan.

Penyakit ini memang sering dialami wanita berusia diatas 40 tahun, terutama mereka yang sering menggerakkan jari-jari tangannya. Tapi, jika dilihat dari segi kesehatan, penderita diabetes, hipertensi, asam urat, kegemukan, dan ibu hamil juga rentan terkena penyakit ini.

Ada 3 tahap yang dirasakan saat jari terkunci. Pertama, tahap paling ringan. Pada tahap ini, jari akan terasa kaku jika digerakkan. Penanganan yang dilakukan dokter, yaitu dengan melakukan fisioterapi, memasukkan jari ke air hangat dan melatih tangan menekuk dan mengulur agar tendon dapat beradaptasi. Kedua, jari agak terhambat dan terdengar suara ‘klik’ bila ditekuk dan menunjukkan telah terjadi hambatan pada jari. Pada tahap ini, selain memberikan fisioterapi, dokter juga memberikan obat anti-inflamasi non-steroid dan obat injeksi untuk mengurangi rasa sakit. Ketiga, tahap paling parah. Jari terkunci saat ditekuk, disertai dengan rasa nyeri yang teramat sangat. Pada tahap ini, harus dilakukan operasi kecil untuk membebaskan otot tendon yang terjepit.

“Meski istilahnya operasi, tapi sebenarnya hanya bedah kecil saja. Biusnya juga bius lokal. Prosesnya cukup cepat, tidak lebih dari 10 menit. Setelah dibedah, pasien akan diberi obat anti nyeri agar dapat langsung beraktivitas. Berikutnya, tinggal periksa ke dokter,” jelas dr. Bimo

Berdasar pengalaman selama ini, semua pasien yang ditangani berhasil sembuh total dan tidak kambuh lagi. Asalkan si pasien mengikuti anjuran dokter, yaitu untuk sementara waktu tidak banyak menggunakan tangan untuk beraktivitas. Namun, jika profesi Anda banyak menggunakan tangan untuk beraktivitas, maka usahakan untuk mengistirahatkan jari-jari tangan setelah jam kerja. Artinya, jaga keseimbangan aktivitas dan istirahat jari-jari Anda.

Untuk informasi dan konsultasi lebih lanjut, dapat menghubungi Bawean Orthopedics Pain Surabaya di Jl. Bawean 40 Surabaya. Telp (031) 5021224. Tersedia pula Orthopedics Mobile Unit Ambulance dengan paramedis yang terlatih, untuk Surabaya dan sekitarnya. (lee)

 

 

One Response

  1. adakah cara penyembuhan secara pribadi/dilakukan sendiri?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: