Mandala Airlines Total Benahi Diri

Standarisasi kelayakan penerbangan sedang menjadi sorotan sehingga maskapai asing dan nasional berlomba meningkatkan standarisasinya. Salah satu maskapai penerbangan yang saat ini sedang melakukan pembenahan secara total adalah Mandala Airlines.

 Trisha Megawati KD, Head of Corporate Communication Mandala Airlines kepada reporter Radio JJFM di Jakarta, Jumat (18/1) menjelaskan, Mandala  membeli 32 pesawat Airbus baru tipe 320 berkapasitas 180 dan 319 dengan daya tampung 144 penumpang.

Tahun lalu, maskapai yang berumur 39 tahun ini dibeli Indigo Partners dari Amerika dan Cardig International, investor transportasi nasional. Dua investor besar ini mengamanahkan manajemen Mandala agar selalu mengacu pada  standar internasional, terutama untuk keselamatan.

Untuk memenuhi amanah ini, manajemen Mandala Airlines mengambil langkah-langkah  luar biasa di bidang armada, manajemen, dan sistem manajemen keselamatan. “Dari sisi manajemen keselamatan, Mandala menginvestasikan jutaan dollar AS untuk membeli perangkat lunak monitor keselamatan. Dari sisi armada, sekitar Rp 1,8 milyar telah dibelanjakan untuk membeli pesawat baru Airbus,”jelas Trisha.

Untuk membenahi segi manajemen, Mandala menempatkan tenaga-tenaga berstandar internasional untuk mengisi berbagai posisi strategis. Selain  Warwick Brady, CEO yang berpengalaman puluhan tahun di berbagai maskapai internasional termasuk Air New Zealand, Bryan Bradbury, Director of Engineering  dari British Airways, sampai Captain Corr, Director of Flight Operator yang  sebelumnya menjabat examiner dan instructor Airbus.

Tak hanya itu, Mandala membuka diri untuk diaudit berbagai pihak.  Airbus mengaudit Mandala pada  Juli 2007, dan berita menggembirakan diterima Oktober 2007,  Mandala meraih kategori 1  untuk keselamatan dari departemen Perhubungan. Artinya, Mandala masuk level maskapai teraman di Indonesia. Bahkan standar keamanan penerbangan tertinggi internasional, IATA juga sedang melakukan proses audit.

“Tak kalah penting, tentu saja, peningkatan pelayanan. Hidangan yang disajikan pada para penumpang mengikuti standar internasional. Untuk kemudahan pembayaran, kami bekerjasama dengan berbagai bank. Jadi selain dengan uang tunai, pembayaran bisa dilakukan dengan kartu kredit Visa dan Mastercard, bahkan lewat ATM. Pemesanan tiket juga sudah online,” kata Trisha.

Ditanya target Mandala Airlines di tahun 2008 Trisha menjabarkan, “tahun ini kami menargetkan menerima 4 pesawat Airbus baru dan mengangkut 5 juta penumpang. Kami juga tetap membuka diri untuk diaudit siapapun. Bulan depan, sudah ada auditor asing yang akan mengaudit Mandala Airlines.” Melihat kesungguhan seluruh jajaran Mandala Airlines, dia optimis target akan tercapai. (lee)

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: