Kenaikan Harga Bahan Pokok Terjadi Setiap Hari

Budaya latah tampaknya sedang menyerang harga-harga kebutuhan bahan pokok. Setelah sempat direpotkan dengan kenaikan harga kedelai dan terigu, kini harga beberapa bahan pokok lainnya juga ikut naik. Salah satunya adalah minyak goreng curah.

Berdasar pantauan reporter JJFM di Pasar Pucang Surabaya, Rabu (23/1), terjadi kenaikan harga minyak goreng curah, dari harga semula Rp 9.000 – 10.000 kini hampir mendekati Rp 11.000. Begitu juga dengan harga beras yang rata-rata naik 1 – 2 persen. Yang lebih mengejutkan, kenaikan harga ini terjadi setiap hari dengan jumlah kenaikan yang berbeda.

Keadaan ini tidak hanya memberatkan masyarakat sebagai pembeli, tapi juga para penjual. Menurut salah seorang pedagang yang enggan disebutkan namanya, kenaikan harga mengakibatkan omzet penjualannya turun. Bahkan dia terpaksa menaikkan harga untuk menekan kerugian. Seperti yang terlihat di stand salah seorang pedagang gorengan yang menaikkan dagangannya, dari Rp 500 menjadi Rp 700.

Meski banyak keluhan, namun jumlah pengunjung pasar tradisional masih terlihat ramai. Fenomena ini memang tidak mengherankan karena masyarakat tidak memiliki alternative lain meski harga kebutuhan pokok terus naik. Mau tidak mau, suka tidak suka, mereka harus mengikuti harga pasar yang berlaku meski hingga saat ini belum terlihat tanda-tanda penurunan harga. Solusi lain yang bisa mereka lakukan hanyalah mengurangi porsi belanja. Entah kapan budaya latah ini dapat berakhir. (lee)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: