Emas Naik, Perak mulai Dilirik

 Pengrajin perak sangat diuntungkan dengan kenaikan harga emas. Bagaimana tidak, sejak harga emas naik, masyarakat banyak yang mencari perhiasan perak. Selain harganya lebih murah, model perhiasannya juga lebih beragam.

“Sejak harga emas naik, makin banyak masyarakat yang membeli perhiasan perak. Sekarang ini dengan uang Rp 100.000 susah dapat emas. Tapi kalau untuk perak bisa dapat sepasang cincin perak,” kata Indah Hermanto, pelaku bisnis perak kepada reporter JJFM, Jumat (25/1).

Akibat peralihan tersebut, Indah mengaku omzet penjualannya naik hingga 50 persen. Kenaikan omzet ini terlihat sejak awal Januari 2008 atau sejak harga emas melonjak. Meski puncak kenaikan harga emas sudah terlewati, namun hingga saat ini belum terlihat tanda-tanda penurunan permintaan perak. Bahkan rata-rata penjualannya saat ini mencapai 200 item atau setara dengan Rp 2 juta – 3 juta per hari.

Indah berharap agar kenaikan omzet penjualan perak tidak menjadi fenomena sesaat dari imbas kenaikan harga emas, melainkan perubahan selera masyarakat. “Sebagai pelaku bisnis, tentu saya berharap agar selera masyarakat terhadap perhiasan makin luas. Mereka tidak lagi berorientasi pada perhiasan emas, tapi juga perhiasan perak,” harapnya. (lee)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: