PT Pos Siapkan Layanan Berbasis Teknologi

Seiring dengan kecanggihan teknologi dan persaingan yang makin kompetitif, PT Pos Indonesia sebagai badan penyedia jasa pengiriman terus melakukan pembenahan. Mulai dari mempercantik bangunan kantor, meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, hingga melengkapi fasilitas pelayanan dengan basis IT. 

Sebagai bukti konkret memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat sebagai konsumen, pada tahun 2007, Kantor Pos Surabaya Selatan mendapatkan penghargaan sebagai Kantor Pos dengan Pelayanan Terbaik. “Awalnya kami tidak mengira akan mendapat penghargaan tersebut. Saat itu kami hanya ingin menertibkan PKL yang ada di depan kantor. Kami pindahkan ke tempat baru yang lebih memadai. Lalu, kami sediakan Masjid, lahan parkir, dan toilet untuk memenuhi kebutuhan konsumen,” tutur Sumaji, Wakil Kepala Kantor Pos Surabaya Selatan. 

Sementara itu, salah satu layanan berbasis IT yang sudah diluncurkan adalah produk Wesel Instan. Berbeda dengan wesel sebelumnya yang membutuhkan waktu cukup lama, pengiriman uang dengan wesel instan data dilakukan dengan hitungan detik. “Nantinya si pengirim akan mendapat Nomer Transaksi Pusat (NTP) dan PIN. Lalu, si pengirim bisa menginformasikan nomer PIN tersebut melalui SMS kepada penerima, dan detik itu juga si penerima bisa langsung mengambil uang kirimannya di kantor pos terdekat hanya dengan menunjukkan nomer PIN tadi,” jelas Henri Rumahorbo, Manajer Promosi PT Pos Indonesia Kantor Wilayah Jatim dalam talkshow Panduan Konsumen di radio JJFM, Rabu (23/1). Jasa ini juga berlaku untuk pengiriman ke luar negeri. 

Tidak hanya pengiriman uang, pembayaran tagihan kartu kredit, angsuran kendaraan bermotor, angsuran rumah, dan barang elektronik juga bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Tentunya dengan layanan online bernama Online Payment Post. Layanan ini berlaku di semua kantor pos. 

“Untuk memudahkan masyarakat sebagi konsumen kami, maka system layanan online tersebut dapat dilakukan di semua kantor pos, termasuk kantor pos cabang di tingkat kecamatan di seluruh Indonesia,” kata Henri. 

Produk lain yang juga menjanjikan kecepatan dan kemudahan yaitu layanan Sameday Ekspress. Artinya, jika Anda mengirim barang atau dokumen dari Surabaya ke Jakarta sebelum jam 10.00, maka barang atau dokumen itu akan sampai ke Jakarta pada hari itu juga. Sedangkan untuk tujuan Surabaya – Sidoarjo, jika dikirimkan sebelum jam 12.00, maka barang tersebut juga akan tiba di tujuan pada hari itu juga. 

Sedangkan untuk pengiriman ke kota lain juga tetap dilayani, hanya saja waktunya lebih lama dari layanan Sameday Ekspress. Maksimal waktu yang dibutuhkan adalah 3×24 jam. “Sekarang ini kami sudah dilengkapi dengan fasilitas scanner dan barcode untuk memantau sampai dimana dan bagaimana kondisi barang yang dikirimkan. Jadi, masyarakat tidak perlu khawatir,” tambahnya.

Ada juga satu layanan terbaru yang cocok bagi para filatelis, pebisnis, dan pecinta perangko, yaitu Perangko Prisma. Dalam layanan tersebut, masyarakat dapat mengabadikan wajahnya dalam perangko. “Kalau biasanya wajah yang diabadikan dalam perangko adalah wajah Presiden atau pejabat lainnya, tapi sekarang masyarakat juga bisa mengabadikannya dalam perangko. Perangko itu juga bisa dipakai untuk mengirim surat atau dokumen,” papar Sumaji. 

Jadi, dengan berbagai fasilitas yang disediakan, PT Pos Indonesia berharap dapat menjalin kemitraan, baik dengan masyarakat maupun para pelaku bisnis. Satu hal lagi, Henri berharap agar masyarakat tidak salah memilih produk PT Pos Indonesia. (lee)   

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: