Pengusaha Siapkan Perhitungan Ulang Biaya Operasional

Pertumbuhan ekonomi pada 2008 diperkirakan lebih kecil dibandingkan 2007. Hal ini disebabkan karena kenaikan harga barang komoditi yang mulai meresahkan masyarakat dan pengusaha. 

Bagus Haryo Suseno, Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia mengakui bahwa saat ini para pengusaha sudah merasakan dampak dari kenaikan harga barang komoditi. “Yang pasti, 2008 ini kami harus melakukan re-evaluasi atau mengencangkan ikat pinggang untuk menentukan formula dan perhitungan yang pas, terutama terkait biaya operasional,” tegasnya kepada reporter JJFM, Jumat (1/2). 

Bagus lantas mencontohkan bencana banjir yang melanda beberapa wilayah Jawa Timur. Gara-gara banjir, banyak petani yang gagal panen. Bahkan banyak diantara mereka yang harus memberikan pupuk tambahan untuk tanamannya. Artinya, biaya operasional yang harus dikeluarkan si petani bertambah, begitu juga pengusaha seperti dirinya. 

“Tahun ini memang tahun yang sulit bagi pengusaha. Tapi kami harus tetap berjuang kalau tidak ingin kolaps. Semoga saja tahun depan, pertumbuhan ekonomi kita bisa lebih kondusif,” harapnya. (noe) 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: