Etik Bukan Hanya Atur Dokter

Etik di dunia medis cenderung dikaitkan dengan profesi dokter. Padahal, sebenarnya etik bukan hanya mengatur profesi dokter, melainkan juga berkaitan erat dengan kewajiban pasien.

“Dari sisi dokter, etik berhubungan dengan apakah dokter sudah melaksanakan tindakan medis dengan semestinya. Etik terkait erat dengan hati nurani,” kata dr Djoko Santoso SpPD K-GH PhD dalam talkshow Hidup Produktif dengan Ginjal Sehat di radio JJFM, Kamis (24/1). Sebaliknya dari sisi pasien, pasien wajib memberikan informasi yang sebenarnya agar tidak terjadi kesalahan diagnosa.

Merujuk pada pengalamannya, kesalahan atau ketidaklengkapan informasi yang disampaikan pasien dapat menyebabkan kesalahan penanganan. Hasil pengobatan pun tidak maksimal.

Ia mengungkapkan, ada kalanya dokter dihadapkan pada masalah dilematis. Di satu sisi dokter ingin menolong pasien dengan maksimal. Namun, di sisi lain, ada berbagai keterbatasan. Hal yang sering terjadi, kemampuan ekonomi pasien terbatas. Padahal, biaya yang diperlukan untuk melakukan tindakan medis tergolong besar. Kondisi itu membuat tindakan medis tak dapat dilakukan sebagaimana mestinya. Cuci darah yang idealnya seminggu dua kali, contohnya, hanya bisa dilakukan seminggu sekali bahkan kurang. Belum lagi menyangkut obat-obatan.

“Negara belum bisa berperan seperti yang kita harapkan. Jadi, pasien yang kemampuan finansialnya belum tentu mendukung itu harus mengusahakan sendiri biaya pengobatan,” ungkap dr Djoko.

Dalam menghadapi situasi semacam itu, menurutnya, dokter wajib menjelaskan kepada pasien mengenai tindakan medis yang seharusnya ditempuh, lengkap dengan tujuan dan risikonya. Sementara pasien berhak menentukan apakah ia akan menjalani atau mengabaikan tindakan medis yang disarankan itu.  

Apa pun keputusan pasien, bersedia menjalani atau sebaliknya menolak tindakan medis, dokter akan meminta pasien menandatangani surat pernyataan. Hal itu merupakan tindakan antisipastif untuk menghindarkan dokter dari tuntutan hukum di kelak kemudian hari. (lee)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: