Kembalikan Stabilisasi Harga pada Bulog

Pemerintah diminta lebih proaktif dalam membuat kebijakan terkait melambungnya harga sembako. “Kenyataannya selama ini pemerintah baru bertindak setelah ada masalah, sehingga hasilnya juga tidak mencapai sasaran,” tegas Erlangga Satriagung, Ketua Kadin Jawa Timur kepada reporter JJFM, Senin (4/2)

Sebagai pelaku bisnis, Erlangga menilai bahwa pemerintah seharusnya bergerak sejak awal, terutama terkait masalah pangan rakyat, seperti kedelai. Pemberian insentif yang kini ditempuh pemerintah, dinilainya terlambat karena seharusnya dilakukan sejak awal. “Kalau saja dilakukan sejak dulu, petani bisa menyeimbangkan antara modal bertanam dengan hasil panennya sehingga tidak perlu beralih ke komoditi lain,” tambahnya.

Keadaan ini bisa dilihat dari komoditi kedelai yang harganya saat ini melambung tinggi. Banyak petani yang biasanya menanam kedelai, kini beralih menanam komoditi lain karena dianggap lebih menguntungkan. “Modal untuk menanam kedelai itu lebih besar dari keuntungan yang diperoleh. Jadi, wajar saja kalau kemudian banyak yang beralih ke komoditi lain. Seharusnya pemerintah tanggap dan memberikan insentif lebih awal,” harap Erlangga.

Meski dianggap terlambat, namun ada upaya lain yang bisa dilakukan pemerintah, salah satunya dengan menyerahkan penanganan distribusi pada Bulog. Sebab, berdasarkan pengalaman sebelumnya, Bulog pernah berhasil menjaga stabilisasi harga kebutuhan pokok. (lee)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: