Hemat Ratusan USD di Vista Worldwide EduFair

Minat masyarakat untuk menempuh pendidikan di luar negeri dari waktu ke waktu terus meningkat. Pameran pendidikan di berbagai kota besar silih berganti digelar. Salah satunya, Vista Worldwide EduFair 2008 yang sejak 13 Februari lalu digelar beruntun di lima kota. Acara di Surabaya diadakan pada Minggu, 17 Februari 2008 pukul 14.00-20.00 di Mercure Grand Mirama, Jl Raya Darmo. 

Program Director Vista Education Services Ivan Liu Saputra mengatakan bahwa Vista Worldwide EduFair rutin diadakan setiap tahun. Berbeda dengan pameran pendidikan lain, pameran yang digelar Vista ini dihadiri perwakilan institusi-institusi pendidikan terkemuka dari berbagai negara. 

“Jadi, pengunjung langsung memperoleh informasi dari wakil institusi,” tegasnya. Ia menambahkan bahwa perwakilan yang hadir bukan hanya dari perguruan tinggi, melainkan juga dari institusi setingkat SD hingga SMA. Wakil dari Amerika Serikat, Kanada, Swiss, Australia, Selandia Baru, Singapura, dan Malaysia. 

Resia, juga dari Vista, mengungkapkan bahwa tahun ini pameran juga diikuti perwakilan institusi dari dalam negeri. Partisipan dari Indonesia itu disebutnya menyediakan pendidikan berkualitas internasional. 

Dengan membawa data akademis yang disyaratkan, pengunjung bisa langsung mendaftarkan diri ke institusi yang diminati. Selain praktis, pendaftaran selama pameran dapat menghemat biaya hingga ratusan dolar AS (USD). 

Saat pameran, Vista International Programs (VIP), divisi Vista yang khusus menangani persiapan bahasa Inggris untuk studi di luar negeri, juga memperkenalkan TOEFL format baru. Tip dan triknya juga dipaparkan. “Pengetahuan tentang hal tersebut sangat penting diketahui. TOEFL format lama yang selama ini menjadi salah satu persyaratan utama ke luar negeri kini tak berlaku lagi,” kata Resia. 

Sebelum Surabaya, pameran serupa telah diadakan di Bandung, Semarang, dan Jakarta. Dua hari setelah Surabaya, Vista mengadakan pameran sejenis di Sanur Paradise Plaza Hotel, Jl Hang Tuah, Sanur, Bali. 

Didirikan di Surabaya pada 1998, Vista Education Services kini telah memiliki lima kantor cabang di Surabaya, Jakarta, dan Bandung. Di Surabaya, lokasinya berada di Graha Vista, Jl Manyar Kertoarjo V/63, telp (031) 5922999 dan Plaza Graha Famili B-7, telp (031) 7388686. 

Kunci keberhasilan Vista, menurut Ivan, terletak pada kualitas para konsultan yang merupakan alumnus institusi pendidikan di luar negeri. Vista sengaja merekrut konsultan lulusan luar negeri agar mereka bisa memberikan informasi yang lebih lengkap dengan merujuk pada pengalaman pribadi. 

Setiap tahun para konsultan dikirimkan ke negara-negara mitra Vista untuk meng-update informasi sesuai perkembangan terkini. Pengiriman dilakukan silang. “Lulusan Kanada, misalnya, tahun lalu dikirimkan ke Australia dan tahun ini ke Malaysia. Dengan begitu mereka juga mengetahui kondisi di negara lain,” tukas Ivan. (lee) 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: