Perhatikan Track Record EO

Bersamaan dengan maraknya event organizer (EO) di Surabaya, secara alamiah terjadi segmentasi EO. Ada EO yang mengkhususkan diri pada acara anak-anak, ada pula yang menjadi spesialis dalam acara pernikahan atau kegiatan korporasi. Di satu sisi konsumen diuntungkan dengan beragamnya pilihan. Di sisi lain, konsumen harus lebih cermat dalam memilih EO agar tak kecewa di kemudian hari. 

Fenny Valerie, pemilik Celtic Wedding Organizer, dan Bobby dari Genta Teamwork Communication berpendapat pesatnya perkembangan EO terkait erat dengan perilaku masyarakat saat ini. Masyarakat urban yang sibuk ingin segalanya serbapraktis. Dalam menyelenggarakan acara pun, mereka ingin semua segera beres. EO hadir untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan itu. Seseorang atau suatu perusahaan yang hendak mengadakan acara tinggal memberikan gambaran konsep acara yang diinginkan plus anggaran yang tersedia. Selanjutnya EO yang akan mengurus. 

“Apa pun ide konsumen, EO akan merealisasikannya. Andaikan konsumen belum mempunyai ide, EO-lah yang biasanya melontarkan ide,” kata Fenny dalam talkshow Panduan Konsumen di radio JJFM, Rabu (20/2). Fenny hadir bersama suaminya, Sonny Laksono, yang sehari-hari berduet mengelola Celtic Wedding Organizer. Sedangkan Bobby didampingi rekan sekantornya, Yudi. 

Bobby menjelaskan, sebelum konsumen memilih EO tertentu, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan. Konsumen idealnya mengetahui track record EO tersebut. Khusus EO untuk acara korporasi, company profile dan terdaftar tidaknya EO itu di dinas pajak biasanya perlu dipertimbangkan pula. “Jangan melulu melihat budget yang ditawarkan suatu EO dalam menggelar acara tertentu,” pesan Bobby yang perusahaannya biasa menangani acara korporasi. 

Hingga kini, timpal Fenny, konsumen cenderung memilih EO yang menyodorkan budget terendah dalam pitching (adu penawaran, red.). Padahal, pilihan itu belum tentu tepat. “Bukan mustahil suatu EO menawarkan budget lebih tinggi karena bahan yang digunakan memang lebih berkualitas. Nah, yang begini ini harus dicermati juga. Plus, carilah informasi dari lingkungan sekitar,” sarannya. 

Terkait pembayaran, biasanya EO meminta uang muka 50 persen. Sisanya harus dilunasi paling lambat 10 hari menjelang tanggal pelaksanaan. Alasannya, sewa tempat dan pemesanan makanan sudah harus dibayar penuh oleh EO pada 10-12 hari sebelum tanggal pelaksanaan. 

EO mana pun yang akhirnya Anda pilih, kalimat Bobby berikut ini mungkin bisa menjadi patokan: “Pada prinsipnya EO berfungsi mempermudah konsumen mewujudkan acara sesuai ide atau kebutuhannya.” (lee)  

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: