Merek Lokal Tingkatkan Omzet

Kehadiran merek-merek lokal berhasil meningkatkan omzet total penjualan laptop. Apalagi, bagi sebagian kalangan, laptop sampai sekarang masih dipandang sebagai bagian dari gaya hidup. Dibandingkan saat merek lokal belum sebanyak saat ini, peningkatan yang terjadi menyentuh kisaran 62 persen.

Ketika ditemui reporter JJFM, beberapa pelaku penjualan komputer di Hi Tech Mall Surabaya menyatakan penjualan laptop di kuartal I 2008 ini melonjak. “Seiring kian banyaknya merek lokal yang muncul, harga laptop kian terjangkau. Hal itu amat berpengaruh terhadap angka penjualan,” kata Sugianto, salah satu penjual laptop di Hi Tech Mall.

Ia mengungkapkan bahwa kebutuhan masyarakat terhadap laptop terus meninggi. Andaikan diminta memilih, sebagian masyarakat bahkan lebih suka membeli laptop daripada televisi. “Laptop kan sekarang semakin beragam. Harganya juga murah. Laptop berlayar tujuh inci, misalnya, hanya Rp 4,2 juta,” katanya.

Kalangan yang mengedepankan gaya hidup dan gengsi, lanjutnya, lebih memilih laptop built up dan bermerek terkenal. Sebaliknya, kalangan yang lebih mementingkan fungsi cenderung menyukai merek lokal. (lee)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: