Sukses dengan Kekuatan Impian

Percayakah Anda bahwa impian mempunyai kekuatan untuk mengubah hidup seseorang? Jamil Az-Zaini telah membuktikannya. Inspirator, konsultan pengembangan diri, inspirator, dosen pascasarjana, penulis buku laris KUBIK Leadership: Solusi Esensial Meraih Sukses Hidup, dan trainer KUBIK Leadership Jakarta itu menceritakan pengalaman pribadinya dalam talkshow promo di radio JJFM, akhir Maret lalu.

Ia mengaku masa kecilnya dilewatkan dalam kekurangan. Ada satu pesan ayahnya yang selalu diingat Jamil. Yaitu, meskipun kita miskin harta, jangan sampai miskin cita-cita. “Pesan itu selalu saya pegang. Karena tinggal di daerah perkebunan, saya ingin menjadi insinyur pertanian. Teman dan guru mengatakan cita-cita saya mustahil. Saya selalu menulis cita-cita itu di bagian depan semua buku tulis saya,” tutur Jamil. Hasilnya, ia bukan hanya meraih gelar insinyur dari Institut Pertanian Bogor (IPB). Jamil juga berhasil menjadi dosen pascasarjana dan sukses menekuni sederet profesi lain.

Menurut penulis yang sebulan lalu meluncurkan buku “Meraih Sukses: Kisah-Kisah Inspiratif Pembangkit Motivasi Pemaknaan Hidup” itu, orang sukses adalah seseorang yang mencapai empat ta. Apa saja? Kata, tahta, harga, dan cinta. Empat ta tersebut dicapai dengan kemampuan sendiri dan tanpa melanggar hukum Tuhan maupun sikut kanan-kiri.

“Pengamatan saya, orang yang telah meraih empat ta biasanya tidak bahagia di hari tua. Karena itu saya tambahkan lagi satu unsur kesuksesan: mulia. Kalau kita berbuat mulia di dunia, balasannya mulia pula di dunia,” tukasnya.

Secara singkat, lanjut Jamil, ada dua langkah praktis untuk mewujudkan impian. Pertama, tuliskan impian. Kedua, upayakan untuk menjadikannya nyata. Dua langkah yang sepintas sederhana itu praktiknya tak mudah dilakukan. Perlu proses panjang yang harus dilalui. “Kalau Anda ingin menjadi Bill Gates, misalnya, Anda harus mengikuti proses yang dulu dilalui Bill Gates hingga menjadi seperti sekarang. Kalau tidak, impian Anda akan tersimpan selamanya,” katanya.

Lingkungan yang tepat dan dukungan orang terdekat juga memiliki peranan sangat penting. “Orang tua, saudara, dan pasangan hidup amat menentukan kesuksesan seseorang. Saya sangat setuju dengan pendapat di balik laki-laki yang hebat, ada wanita yang hebat. Jadi jangan salah memilih pasangan hidup,” tegas Jamil. Ia meyakini bahwa keberadaan seseorang dalam 10-20 mendatang ditentukan oleh orang-orang di sekitar orang itu pada saat ini.

Penjelasan lebih lengkap tentang langkah-langkah mewujudkan impian dapat Anda baca di buku terbaru Jamil az-Zaini, “Menyemai Impian Meraih Sukses Mulia”. (lee)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: