Falun Dafa Tidak Larang Minum Obat

Kejujuran, kebajikan, dan kesabaran akan meningkatkan kesehatan tubuh. Sepintas janggal, namun kenyataan itulah yang telah dialami oleh para praktisi Falun Dafa. Empat di antaranya–Andhy, Milianda, Wiwik, dan Sukarno Dipo–membagikan pengalamannya dalam talkshow Solusi Sehat di radio JJFM, Selasa (1/4).

Falun Dafa atau Falun Gong adalah perangkat latihan tingkat tinggi yang mencakup pembinaan jiwa dan raga untuk memperbaiki sekaligus meningkatkan kesehatan tubuh, moral, serta mental spiritual. Ada lima perangkat metode latihan Falun Dafa. Yaitu, metode merentang seribu tangan, berdiri memancing metode Falun, metode menghubungkan kedua kutub, lingkaran langit metode Falun, dan metode memperkuat kuasa supernormal.

Diciptakan di China oleh Li Hongzhi pada 1992, Falun Dafa telah menyebar ke lebih dari 90 negara di dunia, termasuk Indonesia. Jumlah praktisinya mencapai lebih dari 100 juta orang. Falun Dafa dibawa ke Indonesia sekitar 1994 oleh beberapa orang yang sering berkunjung ke China. Di Surabaya, mula-mula sekelompok kecil praktisi Falun Dafa berlatih di Plaza Surabaya (dulu Delta Plaza). Makin lama semakin banyak individu yang bergabung.

Sekarang tempat latihan sudah banyak. Siapa pun boleh ikut berlatih. “Kami tidak pernah mendata maupun menarik iuran,” cerita Andhy yang selama lebih dari lima tahun telah mengikuti Falun Dafa.

Para praktisi yang menjadi narasumber itu mengaku mengalami perubahan positif setelah berlatih Falun Dafa. Selain emosi lebih terkendali, aneka penyakit yang sebelumnya rajin berkunjung jadi menjauh. Hal serupa dialami pula oleh praktisi lain.

“Ibu mertua saya berusia 75 tahun. Dulu beliau tidak bisa turun dari tempat tidur akibat tumor. Setelah 3-4 hari berlatih Falun Dafa beliau bisa turun dari tempat tidur. Sekarang beliau tidak minum obat lagi. Secara fisik juga tampak lebih muda,” kisah Wiwik.

Terkait adanya anggapan bahwa Falun Dafa melarang para praktisinya mengonsumsi obat, empat praktisi yang hadir di studio JJFM tersebut menyatakan bahwa anggapan itu tak benar. Hal yang benar, latihan Falun Dafa membuat tubuh menjadi bugar sehingga tidak perlu minum obat lagi. “Tujuan utama berlatih Falun Dafa bukanlah penyembuhan penyakit, walaupun praktiknya memang dapat menyembuhkan penyakit,” tandas Andhy. (lee)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: