Rifat Sungkar 12 Tahun Gunakan Oli Pertamina

Siapa tidak mengenal Rifat Sungkar. Pereli muda asal Indonesia ini sarat prestasi nasional maupun dunia. Kariernya diawali dengan mengikuti kejuaraan gokart nasional pada 1994. Berikutnya, gelar dari berbagai kejuaran di dalam dan luar negeri disabetnya.

Kesuksesan Rifat tak bisa dilepaskan dari latar belakang keluarganya. Kakek, orang tua, dan adik Rifat dikenal sebagai pembalap nasional. Ketangguhan mesin dan pelumas yang digunakan juga berperan penting. Hal itu sejak awal disadari benar oleh Rifat. “Karena itu, saya selalu memakai pelumas produksi Pertamina,” ujarnya.

Ia yakin dibutuhkan pengalaman dan riset yang panjang untuk menghasilkan pelumas yang baik. Keandalan produk Pertamina, menurutnya, telah terbukti selama 12 tahun kariernya di dunia balap. “Mulai Mesran, Mesran Prima, XP, hingga Fastron semuanya saya pakai. Selalu ada kemajuan yang saya rasakan,” kata pengagum almarhum mantan presiden Soeharto itu saat hadir dalam talkshow promo di radio JJFM, Minggu (20/4).

Mengapa tidak memilih pelumas impor yang lebih mahal? “Harga tidak menentukan kualitas. Saya percaya produk buatan Indonesia berkualitas prima,” tegasnya. Produk-produk yang dibuat di Indonesia, lanjutnya, pasti telah disesuaikan dengan kondisi dan cuaca Indonesia. Ia lantas menceritakan bahwa dirinya pernah mengikuti reli di enam negara. Yaitu, Jepang, Australia, China, Selandia Baru, Malaysia, dan Kaledonia Baru. Di antara enam negara itu, kondisi alam dan cuaca Indonesia paling berat.

Pembalap sekaliber Rifat tentu memahami cara perawatan mesin dan memilih pelumas yang tepat. Bagi masyarakat awam, Ir Arifun Dhalia, Sales Executive Industrial – Surabaya Lube Sales Area Eastern Java and Balinus, memiliki tip sederhana. “Lakukan perawatan kendaraan di bengkel-bengkel resmi. Misalnya, di Olimart yang merupakan jaringan bengkel binaan Pertamina. Mobil Anda akan ditangani oleh montir-montir berpengalaman. Pelumas yang tersedia di sana juga dijamin asli,” tutur Arifun yang mendampingi Rifat dalam talkshow. Setiap cabang Olimart menyediakan beberapa layanan tambahan yang dapat dinikmati konsumen secara cuma-cuma. Di antaranya, pengecekan filter udara dan filter oli.

Sebagai binaan Pertamina, setiap Olimart harus lolos beberapa tahapan dan kriteria standardisasi. Montir Olimart wajib mengikuti pelatihan. Semua pengelola Olimart juga harus memenuhi standar bentuk bangunan.

Di Jatim saat ini terdapat enam bengkel Olimart. Dua di antaranya berada di Surabaya. Satu di Jl Semarang, satu lagi di kawasan Prapen. Sedangkan di luar Surabaya, telah beroperasi Olimart Nganjuk, Banyuwangi, Lamongan, Malang, dan Gresik.

“Olimart Polowijo Motor Gresik baru diresmikan hari ini. Namun, jauh sebelumnya, Polowijo Motor yang berada di Jl Wahidin Sudirohusodo 80-84 itu telah menjadi mitra kerja Pertamina,” ungkap Rustam Firdaus, Sales Region Manager V – Pelumas Pertamina. Dalam rangka pembukaan Olimart Polowijo Gresik, konsumen yang melakukan penggantian oli mobil satu galon berhak atas satu liter oli gratis. (lee)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: